2 tahun yang lalu

MASUK PWRI KETIKA PERMASALAHAN DENGAN DIRI SELESAI

PENSIUN bukan aklhir dari segalanya terkandung maksud bahwa diusia pensiun masih beraktivitas, utamanya ibadah dan kegiatan sosial lainnya. Tetapi justeru memasuki era baru, dan tantangan yang baru pula. Maka memasuki usia pensiun yang paling ideal adalah pada saat yang bersamaan permasalahan bagi dirinya sudah selesai. Pensiun standar bagi PNS adalah usia 58, sementara bagi eselon 2 dan juga tenaga fungsional, pensiun adalah usia 60 tahun. Dalam usia itu maka sudah selayaknya bila seseorang sudah selesai dengan permasalahan pribadinya. Artinya pemasukan pundi pundi yang dimilikinya setiap bulannya berjalan lancar dan sangat mencukupi. Karena kevutuhan bisa diatasi dengan gaji pensiun yang bisa diterima setiap bulannya, Sementara kebutuhan yang temporer sifatnya bisa di atasi dengan tabungan yang dimilikinya. Termasuk biaya week and mengunjungi sanak famili yang bertempat tinggal di kota lain dan sebagainya.

Bila ingin mengacu kepada kehidupan Rasulullah SAW maka permasalahan pribadi harus sudah selesai pada usia 50-an tahun. Tak lagi butuh bekerja untuk mengharap sejumlah gaji. Hari harinya ditandai dengan aktivitas ibadah dan dak dakwah serta gerakan sosial lainnya. Yang biayanya bisa menggunakan penghasilan berbagai sumber, karena idealnya seseorang memasuki usia pensiun itu ada sejmlah pemasukan rutin yang berjalan secara otomatis saja, yang telah dirintas jauh sejak masa pensiun kita.

Muhammad Rasulullah SAW sejak usia 9 tahun memang sudah berpenghasilan, sudah bekerja sejak usia itu, walau sebenanynra bekerja sewaktu usia kanak kanak itu adalah pendidikan untuk terfbiasa mengemban sejumlah tugas dalam hidupnya. Itulah sebabnya ketika masa dewasanya Ia dipercaya oleh majikannya mengelola perusahaan secara total. Pada saatnya beliau memiliki harta kekayaan yang sudah seimbang dengan kekayaan milik pimpinannya. Ketika beliau diangkat sebagai Rasul, permasalahan pribadi beliau sudah selesai, beliau menghentikan terjun langsung ke dunia bisnis, tetapi seluruhnya dicurahkan kepada aktivitas dakwah sebagai misiion kenabian, yaitu untuk menciptakan perubahan, yang biaya operasionalnya diambilkan dari kekayaan yang berhasil dia kumpulkan sebelumnya, serta berbagai penghasilan yang akan datang dengan sendirinya karena telah dirancang dan berjalan sebelumnya.

Karena Muhammad SAW telah selesai dengan dirinya, maka apapun yang dilakukannya setelah diangkat sebagai Nabi dan Rasul, maka biaya operasional cukup diambilkan dari kekayaan yang dia miliki. Kekayaan beliau tergambar dari hadiyah yang diberikan kepada isterinya pada saat perkawinan, di luar mahar atau mas kawin, jumlahnya adalah seratus ekor unta (terdapat perbedaan angka dalam tulisan sejarah, tetapi dalam kisaran 70-100), yang manakala diukur dengan harga sekarang itu angka yang luar biasa. Mission ini luar biasa hasil kerja beliau dirasakan hingga sekarang, setelah berabad berlalu, hingga akhir zaman.

Yang diharapkan dari thema yang dipilih dalam Musyda PWRI Prov Lampung itu sebenarnya sasarannya bukan hanya kepada para anggota, tetapi justeru adalah lebih disasarkan kepada para calon anggota, artinya mereka yang masih aktif hendaknya dimotivasi dan bila perlu diajarkan bagaimana cara memperiapkan diri secara benar dan legal agar pada saat memasuki masa pensiun kelak, semua permasalahan pribadinya sudah selesai. Artnya pada saat pensiun nanti sudah tidak lagi membutuhkan usaha keras membuka usaha untuk sekedar mencari tambahan karena belum mempersiapkan segala sesuatunya dalam membiaya beberapa hal, seperti menyelesaikan study anak, atau biaya pengobatan dan lain sebagainya, apalagi bila terpaksa bekerja lagi sebagai karyawan diperusahaanmilik orang lain

Hanya kepada mereka yang telah selesai dengan dirinyalah, organisasi PWRI itu bisa dititipkan sehingga menjadi organisasi yang mandiri pada tingkat nasional, manakala pimpinannya dan para anggotan anggotanya terdiri dari mereka mereka yang sudah selesai dengan pribadinya. semoga.

Pengumuman

KERTA MEMPERTINGGI HARAPAN HIDUP

LUKMAN HAKIM, yang dikenal sebagai mantan Walikota Metro dan kini secara aklamasi dipilih sebagai Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia Pengda